2007-12-11

Teori relativitas umum
sunting
Relativitas umum (general relativity dalam bahasa Inggris) adalah sebuah teori geometri mengenai gravitasi yang diperkenalkan oleh Albert Einstein pada 1915. Teori ini menyatukan teori Einstein sebelumnya, relativitas khusus, dengan hukum gravitasi Newton. Hal ini dilakukan dengan melihat gravitasi bukan sebagai gaya, tetapi lebih sebagai manifestasi dari kurvatur ruang dan waktu.
Secara lebih spesifik, teori ini mengasumsikan bahwa suatu benda bermassa, "melengkungkan" ruang dimana benda itu berada, kelengkungan ini setara dengan gravitasi. Hal ini sejalan dengan gerak benda dalam ruang lengkung dan telah bertahan dari banyak eksperimen yang menguji teori ini sejak teori ini dikemukakan oleh Albert Einstein.
Relativitas umum menjadi penting ketika kita memandang sebuah sistem dengan jari-jari jauh lebih kecil daripada massa atau pun massa jauh lebih besar daripada jari-jari. Kasus pertama berlaku pada obyek-obyek yang mengalami keruntuhan gravitasi seperti bintang netron atau sebuah lubang hitam yang memiliki massa sebanding dengan massa sebuah bintang (meskipun ada juga lubang hitam yang lebih besar) tetapi dengan radius yang kecil. Kasus kedua berlaku pada kosmologi, yakni jika ruang diisi dengan materi dengan kerapatan yang sama dimana-mana, maka jika kita mencuplik ruang tersebut dengan jari-jari yang makin besar dan terus membesar, massa akan bertambah dengan laju yang sebanding dengan R
Umur alam semesta
Big Bang
Comoving distance
Cosmic microwave background
Energi gelap
Materi gelap
metrik FLRW
Persamaan Friedmann
Formasi galaksi
Hukum Hubble
Inflasi
Struktur skala besar
Model Lambda-CDM
Nukleosintesis
Pergeseran merah
Bentuk alam semesta
Garis waktu kosmologi
Garis waktu alam semesta
Ultimate fate of the universe
Alam semesta
Astrofisika
Relativitas umum
Fisika partikel
Gravitasi kuantum

No comments: