2008-03-25

Larry Bird
Larry Joe Bird (lahir 7 Desember, 1956) adalah pemain bola basket Amerika Serikat terdahulu yang bermain di NBA, diakui dan diingat sebagai salah satu yang terhebat dalam semua permainannya, dan mungkin yang tergesit clutch. Masuk dalam NBA Draft urutan ke-6 secara keseluruhan oleh Boston Celtics tahun 1978, Bird bermain sebagai small forward dan power forward untuk 13 musim. Ia pensiun sebagai pemain NBA pada tahun 1992. Bird telah divoting oleh NBA's 50th Anniversary All-Time Team[1] pada tahun 1996 dan dimasukkan ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame[2] in 1998.
Setelah bekerja sebagai asisten di depan kantor Celtics dari 1992 sampai 1997, Bird bertugas sebagai pelatih kepala di Indiana Pacers dari 1998 sampai 2000. Tahun 2003, ia diasumsikan untuk bertugas sebagai presiden operasional untuk Pacers, yang mana jabatan itu sekarang masih dipertahankan. Ia bertinggi badan 206 cm.

Biografi
Bird lahir di West Baden Springs, Indiana, putra dari Georgia dan Joe Bird. Ia tumbuh sekaligus di West Baden dan di perbatasan kota French Lick, yang mana di situ ia dijuluki "the Hick from French Lick setelah karir basketnya kemudian. Bahaya finansial akan mengganggu keluarga Bird untuk sebagian masa kecil Larry. Pada tahun 1988 diwawancarai oleh Sports Illustrated, Bird menceritakan bagaimana ibunya akan melakukan sesuatu dari keluarga yang pendapatannya sedikit: "Apabila bank telah berhak membayar, dan kita memerlukan sepatu, ia tidak akan mendapatkan sepatu, dan akan membuat perjanjian dengan orang-orang bank tersebut. Aku tidak akan mengartikan ia tidak membayar ke bank, tapi anak-anak akan selalu menjadi yang pertama."[3] Bird kadang-kadang mengirimkan langsung dengan hak neneknya pada perjuangan keluarga. Pernah miskin sebagai anak, Bird berkata pada Sports Illustrated, "motivasiku pada hari ini."[4]
Perjuangan keluarga Bird untuk melawan kemiskinan diperparah oleh Joe Bird yang alkoholik dan pribadi yang sulit dimengerti. Tahun 1975, setelah orangtua Bird bercerai, ayahnya melakukan bunuh diri.
Biarpun masalah domestik rumah tangga keluarga bird tetap mengganggunya, pada tahun kedua di sekolah menengah atas, Larry Bird menjadi salah satu pemain Bola basket yang lebih baik di French Lick. Dia menjadi bintang untuk tim SMA Spring Valley di French Lick/West Baden, dimana dia menjadi pemegang rekor pertama untuk point. Gambar dia juga dipajang di sekolah itu, ditempat yang sekarang dikenal menjadi Larry Bird Boulevard di French Hick.

No comments: