2008-02-13

Khulafaur Rasyidin
Keempat khalifah tersebut adalah:

Abu Bakar
Umar bin Khattab
Usman bin Affan
Ali bin Abi Talib Khulafaur Rasyidin Sistem pemilihan

Abu Bakar
Ketika Rasulullah SAW sakit keras, beliau tidak bisa mengimami sholat berjamaah. Maka ditunjuklah Abu Bakar untuk menggantikannya. Bagi sebagian warga Madinah, ini adalah indikasi bahwa suksesi kepemimpinan Rasulullah SAW diteruskan kepada Abu Bakar. Ketika Rasulullah SAW wafat, diadakan rapat kota di Balai Kota Madinah. Sempat terjadi perselisihan antara kaum Muhajirin dan Anshar. Dan akhirnya, terpilihlah Abu Bakar As-Siddiq sebagai Khalifah pertama.

Khulafaur Rasyidin Utsman bin Affan
Umar Bin Khattab tidak dapat memutuskan bagaimana cara terbaik menentukan khalifah penggantinya. Segera setelah peristiwa penikaman dirinya oleh Fairuz, seorang majusi persia, Umar mempertimbangkan untuk tidak memilih pengganti sebagaimana dilakukan Rasulullah. Namun Umar juga berpikir untuk meninggalkan wasiat seperti dilakukan Abu Bakar. Sebagai jalan keluar, Umar menunjuk enam orang Sahabat sebagai Dewan Formatur yang bertugas memilih Khalifah baru. Ke enam Orang itu adalah Abdurrahman bin Auf, Saad Bin Abi Waqqash, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.
Setelah melalui perdebatan yang cukup lama, muncul dua nama yang bersaing ketat yakni Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Keputusan terakhir diserahkan kepada Abdurrahman bi Auf sebagai ketua Dewan yang kemudian menunjuk Utsman bin Affan sebagai Khalifah

No comments: